Review Zenius : Review Sepenggal Kisah Perjuangan

Review Zenius : Review Sepenggal Kisah Perjuangan   


                                    “ Bahkan labirin pun ada jalan keluarnya”


Labirin, kebanyakan orang akan berpikir tentang  jalan dengan banyak persimpangan, banyak jebakan, dan susah buat menemukan jalan keluarnya. Satu langkah saat kita udah di dalam labirin, berarti keputusan. Apapun yang bakal kita temui setelah keputusan itu adalah resiko. Banyak kemungkinan yang bakal kita temui di dalam labirin. Apalagi sesuatu yang tidak terduga sebelumnya. Entah itu halangan, jebakan, harpan yang ternyata ilusi, sampai secercah petunjuk.
Rasa cemas, putus asa, panic dan khawatir adalah rasa yang wajar saat masuk ke dalam labirin. Tidak ada jalan lain kecuali maju dan berusaha.

Oke, sekilas gue bawa-bawa labirin. Gue ambil labirin sebagai topik pembuka, tak lain karena inilah keadaan gua begitu memasuki tahun ajaran baru 2016/2017. Yah, saat itu gua resmi jadi sesepuh di sekolah. Itu artinya, dua tahun sudah gua terjebak sama jurusan yang gak gua minati.
Sedikit  cerita, niat gua masuk SMA bakalan ambil jurusan IPS. Setelah gua lulus dengan sentausa di IPS, gua bisa ambil sastra Indonesia di UGM. Mantap jiwa... Tapi ternyata takdir berkehendak lain. Gua yang terlalu gengsi sama nem yang 37, malah milih IPA. Saat itu kertas pemilihan jurusan gua ilang, lalu gua putuskan buat ngomong langsung ke BK. Sampai di ruangan itu, gua langsung ditanya, “ Yaudah, pengennya masuk mana? “ Gua diem…. “ Anu, IPA, Bu.”
Lalu, taraaa… jadilah gua masuk IPA. Awal-awal sih gua adem ayem aja ikut pelajarannya.  Tapi semakin lama, masuk ke kelas 10 semester 2, gua baru sadar kalau passion gua ga di sini.

-Pesan aja ya, jangan pernah nurutin gengsi. Celaka emang kalau Cuma mau sok keren dan akhrinya ga baik-

Oke kembali ke kelas 12. Saat itu gua langsung sadar. Mau kuliah dimana? Mau masuk apa? Lewat jalur apa? Terus gua inget masa-masa gua yang penuh main-main selama ini. Ulangan nyontek, tugas selalu telat, ribut di kelas (ya, gua berubah jadi yg tadinya bintang kelas, jadi sampah kelas, padahal gua ceweJ dan gua ada di kelas unggulanJ) apa gua masih bisa ngeharepin SNMPTN?
Lalu gua sadar kalau gua ga bisa salah jurusan terus. Gua mau ke IPS, gua mau Ilmu Komunikasi UGM(amin) jadi mau gak mau, gua harus ikut SBMPTN. Mulai dari sini, panic gua, khawatir gua udah sampai ke ubun-ubun. Bocor dikit, meletup dah. Gua lalu sibuk searching-searching, mulai belajar dari mana. Materinya apa aja. Gua bener-bener frustasi saat itu. Gua juga bukan orang mampu yang bakal ikut bimbel. Murtad ke IPS, tanpa tau materi, tanpa bimbel. GUA BUNUH DIRI NAMANYA.

Ada Jalan Untuk yang Mencari

Suatu hari, di tengah keputusasaan itu, gua nemu satu artikel dari blog yang namanya Zenius dengan judul  Tips Belajar untuk yang Lintas Jurusan“ Kaya liat tanda pola jawaban di soal tau ga sih. Gua baca dah itu artikel. Dap…dap..dap…  ASOY, gua ga sendirian. Banyak anak yang juga lintas jurusan, dan berhasil. Singkat cerita, artikel zenius ini memberikan motivasi buat spesies-spesies yang punya niat lintas jurusan. Zenius bilang, bahwa banyak alumni-alumni juga yang nekat buat lintas jurusan. Dari artikel itu, gua banyak kaget karena bahkan ada yang Cuma pakai zenius net doang, tanpa bimbel, dan mereka lulus SBMPTN. Jurusannya juga jos lah.
Awalnya gua bingung zenius itu apaan? Masa Cuma video doang, emangnya lengkap? Xpedia apaan? App di playstore? ( gua sampai cari benran di playstore tapi ga nemu lol )

Akhirnya gua baca buanyak buanget artikel zenius yang berhubungan sama kuliah, sbmptn, motivasi, dan SEMUA NGENA. Karena kecanduan (ehem) gua langsung cus ke zenius.net nya. Gua awal nonton video yang free dan merakyat (alias terbuka untuk umum)  lalu mulai daftar jadi member biasa. Gua ga nyangka, gampang banget daftar jadi member zenius. Video zenius learning gua tonton dan motivasi nya Bang Sabda ... wihh nancep di ati, nyenggol paru-paru dan tembus ke jantung (ehem)
Lama kelamaan, labirin gua terasa ada jalan, eh petunjuk, kalau jalan mah, labirin isinya jalan semuaJ Tanpa bimbel gak masalah, asal gua serius, pakai zenius net aja gua bisa. Gua mulai minta ijin sama ortu, dan dibolehin asal pake duit sendiri:v dengan niat di hati, gua bismillah buat jadi member premium zenius. net jangka waktunya 9 bulan. Ini kebetulan gua ga pake xpedia. Kayanya xpedia 2 belum ada pas gua daftar.
Beberapa alasan gua milih zenius:
a.      Testimoninya bagus
b.      Zenius merakyat bro. Jadi kalian bisa akses soal-soal secara free. Bukan bimbel online yang tertutup, yg semua videonya hanya diperuntukan kalangan member doang  men (jadi inget feodal, ntah kenapa)
c.       Bahasanya Bang Sabda Kocak
d.      Artikel zenius blog selalu bikin gua bilang “ wah.. wahh..“
e.      Transaksinya gampang, lewat indomart, eh sekarang alfamart juga ya.
f.        GA MAHAL INI ALASAN UTAMA YALORD.  Tapi tarifnya bikin galauJ 1 bulan 165K kalau ga salah. Tapi kalau 9 bulan Cuma 400 ribuan L
g. Belajar di zenius.net itu dimanapun dan kapanpun. Zenius bisa diakses lewat hp, tablet, maupun laptop.
Tentang Zenius
            Zenius itu sejenis bimbel online. Bimbel yang sistemnya bukan macam video call, ntar ada gurunya ngajar itu, bukan.  Awalnya gua mikir, video Cuma sekitar 2-10 menitan masa bisa lengkap. Tapi ternyata, setelah tiap halaman gua klik, videonya ga Cuma 1 atau 2 video.  Ada puluhan, itupun tiap bab. Kebayang ada berapa video tiap bab, ada berapa bab tiap mapel, tiap semester, tiap tingkatan kelas, ada berapa mapel di sekolah? Gua belajar 1 jam aja  ga dapat satu materi;V Dari situ gua paham, zenius bukan bimbel main-main.
           
            Awal mau daftar jdi member premium, gua dihadapkan sama berbagai macam produk zenius.
 Jadi, tiap-tiap produk itu ada keunggulan dan kelebihan masing-masing. Misal xpedia yang bisa dibuat belajar secara offline dan online juga, nanti dapat kaos, bisa gabung di zenius club juga:)  Tapi buat yang ga beli xpedia, jangan gundah gulana, sedih terkucilkan, voucher zenius net juga asoy bro (soalnya gua pakai) Video di Zenius net udah lengkap buat belajar, kaya gua ini. 
            Jadi, ada 4 macam cara produk zenius buat belajar. Seperti yang sudah dijelaskan Bang Glen Ardi di artikel" Tentang Semua Produk Zenius dan Gimana Cara Ngedapetinnya!!"


Dari artikel itu, gua menyimpulkan  kalau singkatya sih produk zenius antara lain:
1. Zenius.net : Tempat kita belajar secara online dengan video yang udah disediakan, produk ini kita mengharuskan kita beli voucher zenius.net. Buat cara belinya via Indomart ada di sini
2. Cd Multimedia Zenius bisa bantu kita belajarsecara offline.
3. Paket Zenius Xpedia 2.0  dengan segala kelebihannya tadi.
4. Yang terakhir adalah belajr langsung dengan tutor zenius, tapi buat yang ini ga semua daerah ada.

            Gua mau nambahin alasan gua milih zenius. Gua suka sama tampilan webnya, sederhana, coklat, tapi ga burem dan elegant. Bukan jenis web yang sering loading lama, ga bertele-tele, ga ramai, ga bikin mata sakit. Terus soal videonya juga. Sebagai pelajar yang urusan sekunder hasil uang saku tanpa tambahan, gua jingkrak-jingkrak saat liat video zenius itu ga makan banyak kuota wahahaaaa. Bahkan saat internet lagi down, kdang gua masih bisa akses. Gua juga suka tampilan video setelah diperbarui, eh iyakan? Soalnya yang dulu agak lola;v ga bisa kembali ke beberapa detik sebelumnya. Waktu warnyanya merah itu garis durasinya.

            Tapi gua kadang mikir kenapa videonya ga dibuat langsung ke video selanjutnya? Kan enak tuh gausah mencet lagi, apalagi pas di fullscreen, harus di minimize dan baru klik video selanjtnya.

Zenius Blog

Zenius gak Cuma nyediain video tentang mapel sekolah doang. Zenius punya blog juga yang isinya insyaallah berfaedah bagi yang baik sengaja atau kesasar ke sana. Ada tiga kategori di Zenius.blog, yaitu :
a. Zenius Insight
b.Zenius Guide
c. Zenius Info
Kategori artikel zenius

Setiap artikel dari masing-masing kategori selalu bikin pembacanya gak bisa nolak buat scroll ke bawah dan habisin tu artikel. Ujung-ujungnya kita juga ga bakal tahan buat ga ikut-ikutan diskusi di kolom komentar. 
Topik yang di bahhas di blog zenius, khususnya zenius insight, itu bukan topik artikel biasa. Malah kadang topiknya nyeleneh dan bener-bener ga kepikiran bahwa hal sesederhana itu bisa dijadikan artikel. Malah ada juga artikel yang judulnya itu bikin kita mikir " Lah, kan emang udah kenyataanya gitu, nagapin di bahas lagi?" Tapi tunggu dulu, setelah kita baca isinya, apa yang dibahas tuh gak sesederhana "kan emang kenyataanya gitu" Setelah kalian baca itu artikel, pasti pikirannya bakalan ganti jadi gini " Oh, ternayata gitu" 

Sedikit Ngintip Penampakan Zenius 



Home Zenius Net



Isi Zenius.net




Artikel "Kan emang kenyatanya gitu"


 Kesan Sama Zenius

Aduh, kalau ngomogni kesan, pasti kita udah sampai di penghujung artikel. Oke, ini memang akhir artikel gua tentang apa itu zenius dan lainnya tentang zenius.

Zenius itu teman belajar yang baik, teman belajar dimanapun kapanpun yang ngebuka mata gua untuk tidak memandang hal dari sebelah mata doang. Gua ga cuma beajar teori-teri praktis, rumus cepet, tapi gua juga tahu, bagaimana rumus itu bisa terbentuk.

Gua salut sama tutor zenius yang kasih mater, kaya Bang Sabda contohnya. Walaupun gokil dan kocak, tapi lewat cara itu dia bisa buat kita paham dengan materi dan apa-apa yang hendak disampaikan. Gua inget di pembahasan teori makroekonomi dia nyebut-nyebut kue unyil, balon-balonan, permen :)

Tutor lain juga ga kalah seru. Cuma ada beberapa yang kalau ngajar ngomongnya kecepetan, jadi gua harus bolak balik kembali ke beberapa detik detik sebelumnya, itu kayanya sejarah deh yang buat sbmptn. Tapi lepas dari itu, gua tetep suka lah. Materinya gua juga paham dan ngerti apa yang dimaksud. Ada juga yang mba-mba itu neranginya kaya lemes? atau emang suaranya halus dari sana? tapi gua jadi rada susah paham gitu, ehehe. Mungkin otak gua yang pas-pasan sih.
Intinya di zenius, gua belajar dan bermain dengan sesuatu yang berharga. Semangat gua jadi makin tinggi. Keputusan gua buat ambil sbmptn soshum juga makin mantap. Gua yakin dengan bantuan zenius,dan yang utama adalah doa, gua bisa tembus UGM Ilmu Komunikasi.
Last, kalian juga bisa add twitter zenius di +Zenius Education dan +ZeniusEnglish. Pantengin aja timeline nya, niscaya waktu kalian ga terbuang sia-sia. Zenius juga terbuka banget, lewat akun itu kita bisa interaksi sama tutor zenius juga.


PS: Internet gua lola minta ampun. Penulisan yang bukan tanpa halangan suatu apapun.Jadi harus bolak-balik buat ngedit.

Comments

  1. ada nomor WA yg bisa dihubungi mas? mau nanya sekilas

    ReplyDelete
  2. Contentnya sangat bagus dan bermanfaat sekali, terima kasih.

    Info kuliah cepat berkualitas hanya di
    🌎 www.imandiri.id/pmb
    🌎www.stmik-im.ac.id
    🌎www.stan-im.ac.id

    ReplyDelete
  3. Kak minta line mau tanya tanya boleh

    ReplyDelete
  4. penampakan zenius membosankan untuk belajar, fitur yang gitu gitu aja bikin gak semangat buka. untuk video lebih suka Ruangguru, variatif, tutornya juga jelasinnya enak simple

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts