Cara Jitu dan Gampang Mengatasi Windows 10 yang Super Lemot




Yoo.. whutsup gais.
Sebel Kao sebel, yakali leptop baru*ehem* lemotnya minta ampun. Jangan-jangan diantara readers ada yang pernah megalami hal serupa. Jadi gini kronologinya:
Rencana buka browser dan berselancar dengan inernet
Ekspetasi
Kenyataan
1.       Gue yang dengan harapan besar bersenang-senang sama ovo dengan cepat dan indah *nama leptop gue*
Semenit dua menit,  kemudian mulut berbusa nunggu computer sempurna melek
 *kadang gue bantu naruto menjinakan kyubi dulu baru ovo mau hidup*
2.       Gue langsung buka program/ browser dan melaksanakan tugas dengan cepat
Buka library nunggu semenit , buka mojila piperox nunggu 3/ 4menit baru kebukaJ hidupku penuh penantian
3.       Buka google, searching selesai dengan baik * estimasi
Pencet tab google, lama….. not respondingJ sebel, buka chrome, pencet tab baru * not responding dua browser.
Niat mau close app, windowsnya yang not responding.
Nunggu kembali respond, KEMBALI KE NOMOR DUA
4.       Kira-kira gue internetan 1 jam, terus belajar
Lewat dari 30 menit, gue belum internetan sama sekaliJ ataupun menjalankan program samsekJ

Siapa yang enggak esmosi coba? SIAPA? Si xio ae kaga sebegitunya loh ih. Bencih aku bencih. Gue langsung dengan semangat 1998*masa reformasi, semangat perubahan* langsung cari-cari cara mengatasi kejadian kampret ini. *catet... PAKAI HP
Dari beberapa sumber yang gue baca, cara untuk mengatasi komputer / laptop yang lemot adalah dengan cara berikut :
1.       Mengurangi jumlah app (uninst app yang tidak berguna) karena memakan banyak tempat.
2.       Jangan pasang desktop terlalu ramai *inget, itu layar laptop bukan kompleks dugem!
3.       Hardisk jangan sampai penuh!
4.       Bersihkan RAM selalu dengan cleaner!
Hm.. cara di atas kaga salah kok, bahkan recommended buat dicoba. Tapi gak ada satupun cara di atas yang manjur buat gue. Pertama, leptop baru kaga banyak app, line sama osu doing tambahannya. Kedua, desktop gue cuma terpasang 6 shortcut, dan ketiga, hardisk gue sempurna biru warnanya.
Dan gue baru inget, kalau RAM kampret itu masalahnya. Tapi gimana mau nambah RAM?  Belum ada duti  chim, google adsense belum turun *ehm. Tadi, maksudnya inget adalah, gue bisa nambah RAM virtual. Dan setelah cap cip cus, leptop gue gak sesiput tadi wahh.
INI CARANYA NAMBAH RAM VIRTUAL UNTUK MEMPERCEPAT LAPTOP
*punya gue windows 10, tapi bisa juga buat yang lainnya kok, leptop gue yang dulu windows 7*
1.       Buka library, dan klik kanan pada ikon “this pc”

 



2.       Pilih properties

3.       Pilih advanced system setting


4.       Di performance, kan ada setting nah klik itu


5.        Itukan ada kata “change” tekan itu, lalu akan muncul seperti di bawah ini. Automatically manage paging file size all drive jangan dicentang. Lalu piih yang custom size, supaya kita bisa atur RAM virtualnya. 


6.  Dari salah satu sumber mengatakan kalau bagian initial size dan maximum size diisi dengan angka yang sama dengan yang ada di recommended. Tapi ada sumber lain yang mengatakan tidak perlu sama. Dan ovo gua sett dengan seperti ini:
Gue buat jadi initial size 2GB ( 2000MB) dan maximum size 4GB

Nah, sekian tips buat mengatasi leptop yang kaya gebetan (not responding). Buat efek sampingnya, sampai sekrang ovo sehat walafiat, Cuma nambah cepet aja performance nya. Oke, semoga bermanfaat.

Mata ashita >_<


 

Comments

Popular Posts